Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 2, No 1 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TGB B PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

Fitriyah sofyani (Unknown)
Sukatiman Sukatiman (Unknown)
Sri Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan prestasi belajarsiswa; (2) Peningkatan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaranLearning Cycle di kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X TGB B yang berjumlah 35siswa. Uji validitas data menggunakan member check dan analisa data menggunakandeskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modelpembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau daritahap prasiklus sampai tahap siklus II, yaitu ranah kognitif sebesar 20%; Ranahafektif sebesar 25,72%; Ranah psikomotorik sebesar 14,47%; Keaktifan siswasebesar 8,93%.Kata kunci: Learning Cycle dan Keaktifan siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...