Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia
Vol 4 No 1 (2019)

ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KEMASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Sudodo, Yandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan  menganalisis apakah faktor harga (X1) dan kemasan produk (X2) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) di Produk UMKM Desa Jotang Beru, serta untuk mengetahui manakah diantara variabel harga dan variabel kemasan produk yang paling berpengaruh. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Program and Services Solution) versi 23 menunjukkan bahwa dari hasil koefisien regresi Y= 3,408 + 0,418 X1 + 0,421 X2 menunjukkan variabel harga (X1=0.418), dan kemasan produk (X2=0.421). Nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 0,413. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel harga dan kemasan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk UMKM Desa Jotang Beru di Kecamatan Empang. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa dari kedua variabel X yakni harga dan kemasan produk yang paling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah kemasan produk. Saran bagi pihak UMKM Desa Jotang Beru adalah terus meningkatkan dan mempertahankan strategi harga dan kemasan produk karena variabel ini mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian sebanyak 41.3 %.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jebi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia adalah jurnal ekonomi profesional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa, mencakup semua aspek di lapangan - dari penekanan tradisional jurnal pada microtheory, hingga makroekonomi empiris dan teoritis. JEBI sangat berharga bagi para ekonom ...