Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Vol 2, No 1 (2018): IJTIMAIYAH

INOVASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Henni Endayani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Pendekatan pembelajaran tradisional yang dilakukan oleh guru IPS di dalam kelas  menyebabkan siswa malas berpikir. Siswa hanya menghafal konsep yang diajarkan oleh guru guna mencapai ketuntasan dalam ujian. Oleh sebab itu, perlu pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa, salah satunya dengan pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah menciptakan pembelajaran bermakna. Pembelajaran berbasis masalah membantu siswa menjadi pembelajaran yang aktif, mandiri dan otonom. Siswa yang belajar memecahkan suatu masalah, maka mereka akan menerapkan pengetahuan yang dimilikinya atau berusaha mengetahui pengetahuan yang diperlukan. Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijtimaiyah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan dan penelitian berbasis sosial dan budaya. (P-ISSN : 2541-660x dan E-ISSN: 2829-6877) diterbitkan oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan. Jurnal Ijtimaiyah Ilmu Sosial dan Budaya ini tidak hanya menerima ...