Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 10, No 1 (2019)

Inovasi Pembelajaran Tematik, Kendala dan Upaya Perbaikan Dalam Proses Pembelajaran

Laelatul Badriah (Departement of Education, Faculty of Agama Islam, Alma Ata University)
Saiful Abibudin (Universitas Alma Ata)
Zunita . (Universitas Alma Ata)
Juliyanto . (Universitas Alma Ata)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2019

Abstract

Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegaiatan interaksi antara pendidik, peserta didik dan materi ajara yang diorganisasikan sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Dalam kajian ini merupakan potret pembelajaran tematik yang terjadi di salah satu madrasah ibtidaiyah yang berada di wilayah kabupaten Bantul yaitu MIN 1 Bantul, proses pembelajaran tematik terpotret dengan baik dan sangat inovatif, serta  sesuai dengan acuan pembelajaran tematik, dalam hal ini tentunya tidak lepas dengan kendala-kendala yang dihadapi oleh setiap guru kelas, akan tetapi kendala tersebut dapat diatasi dengan berbagai upaya diantaranya menggunakan keterampilan dasar mengajar yang inovatif dan fleksibel, metode dan media yang bervariasi dan inoivatif,dan menyusun perencanaan pembelajaran yang lebih flesibel, serta instrumen evaluasi yang sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik.Kata Kunci: pembelajaran tematik, inovatif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...