Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 6, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERFASILITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD JAMBE AGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

putra, Kadek Agoes Edo Kharisma (Unknown)
Agung, A. A. Gede (Unknown)
Pudjawan, Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran Permasalahan yang ditemukan di kelas IV sehingga rendahnya kualitas pembalajaran Bahasa Inggris, (1) Minimnya sumber belajar (2) Proses pembelajaran masih konvensional. (3) Pemanfaatan fasilitas yang belum optimal. (4) Minimnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum learning berfasilitas multimedia pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar, (2) pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum learning berfasilitas multimedia pembelajaran terhadap motivasi belajar, (3) pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum learning berfasilitas multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Jambe Agung Batubulan tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dari penelitian menggunakan Teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan metode non tes dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tesyang telah diuji tingkat validitas, reliablitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan Manova. Dari hasil analisis didapatkan nilai F motivasi belajar sebesar 40,07 dengan signifikan 0,00 (p<0,05), Nilai F hasil belajar sebesar 54,507 dengan signifikan 0,00 (p<0,05) Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran quantum learning berfasilitas multimedia pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar. (2) model pembelajaran quantum learning berfasilitas multimedia pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. (3) model pembelajaran quantum learning berfasilitas multimedia pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar .Kata Kunci: Quantum Learning, Motivasi , Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...