JURNAL E-DUMATH
Vol 5, No 2 (2019)

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN PENDEKATAN CTL DAN TPS DENGAN PENDEKATAN TPS TERHADAP HASIL BELAJAR

Rahayu, Siti (Unknown)
Cahyadi, Rahman ( STKIP Muhammadiyah Pringsewu)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

ABSTRAKTujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran NHT menggunakan pendekatan CTL dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran TPS menggunakan pendekatan CTL, (2) rata-rata hasil belajar metematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel yakni dengan cluster random sampling. metode pengambilan sampel dengan menggunkan tes pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Teknik analisis data dengan menggunakan Analisis Variansi (anava) satu jalan dengan sel yang sama dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran NHT menggunakan pendekatan CTL dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran TPS menggunakan pendekatan CTL dan dengan melihat rerata pada masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar metematika siswa yang dikenai melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL.Key Word : Numbered Head Together (NHT), Think Pair Share (TPS, Contextual Teaching and Learning (CTL) , gaya belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edumath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL e-DuMath ISSN: 2356-2064, e-ISSN: 2356-2056 a peer-reviewed, scientific journal published by STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung. The journal publishes both conceptual and research-based articles within the fields of Mathematics Education. It published biannually in the months of January and ...