Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2: Oktober 2019

PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VCT GEJALA KONTINUM TEMA 8 DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Desi Kusuma Wardhani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Indonesia)
Sri Muryaningsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap toleransi siswa tema 8 lingkungan sahabat kitadi kelas V SD Negeri I Lumbir dengan menggunakan model pembelajaran VCT Gejala Kontinum.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiridari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 8siswa laki-laki. Instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi instrument tesdan non tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi sikap toleransi siswa, lembarobservasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa Analisis data yang digunakan terdiri darianalisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai persentase sikaptoleransi siswa pada Siklus I sebesar 61,4% dengan kriteria baik dan Siklus II diperoleh skor sebesar 81,4%dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan yaitu adanyapeningkatan sikap toleransi siswamenggunakan model pembelajaran VCT Gejala Kontinum di kelas V SDNegeri I Lumbir

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...