Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 2, No 1 (2019)

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Model Learning Cycle 7E pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019

Refina Oktavianda (IAIN Bukittinggi)
Muhiddinur Kamal (Unknown)
Haida Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Uji coba dilakukan di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Sungai Pua. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua tahun pelajaran 2018/2019.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...