Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Memerankan Drama Anak Melalui Metode Latihan Terbimbing di Kelas IV SD Inpres 12 Bajawali

Sudarmi, Ni Luh (Unknown)
Efendi, Efendi (Unknown)
Gagaramusu, Yusdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa memerankan drama anak melalui metode latihan terbimbing pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Bajawali. Penelitian ini dilakukan bersiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 12 Bajawali berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas siswa dan guru (observasi), tes hasil tindakan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru  mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada ketuntasan  belajar yaitu 95%, hal ini menunjukkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Hasil daya serap klasikal pada siklus I adalah 76,05% dan siklus II daya serap klasikal adalah 97,5%, hal ini menunjukkan persentase peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran sains dari siklus I ke siklus II sebesar 21%. Hasil observasi siswa pada siklus I  dan siklus II terjadi peningkatan. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa indonesia tentang memerankan drama anak dapat meningkatkan kemampuan pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Bajawali.

Copyrights © 2019