EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 4, No 2 (2019): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES MENGGUNAKAN MEDIA LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 2018

Eni Sumanti Nasution (Universitas Graha Nusantara, Sumatera Utara)
Wirna Susanti (Universitas Graha Nusantara, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan  model pembelajaran koopertif tipe Example non Examples berbantuan laboratorium lebih baik dibandingkan dengan  menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen, populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Tapung Hulu. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X2 dan X1 . Instrumen penelitian ini menggunakan tes Hasil Belajar yang telah valid dan realibel.. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Terdapat pengaruh hasil belajar siswa  dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Example Non Examples berbantuan laboratorium hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa meningkat dari 41,85 menjadi 81,68.  Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Examples Non Examples berbantuan laboratorium lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...