Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 4, No 1 (2019): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2019)

PENERAPAN STRATEGI INQUIRY MENGGUNAKAN READING INFUSION DAN SCIENCE REFLECTIVE JOURNAL WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Gina Gusliana (Teknologi Pangan Universitas Pasundan)
Utari Setiya (Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia)
Parsaoran Siahaan (Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan yang dipandang penting untuk dilakukan seperti kemampuan knowing, applying, dan reasoning, namun faktanya di lapangan kemampuan ini belum dilatihkan dengan baik,. Metode inkuiri memberikan sarana untuk melatihkan kemampuan-kemampuan tersebut, namun agar inkuiri terlaksana dengan baik dibutuhkan suatu strategi lain yaitu Strategi Reading Infusion (RI) dan Science Reflective Journal Writing (SRJ). Penelitian dengan metode quasy experiment desain Pretest and Postest Design with Matched Control Group melibatkan tiga kelas (103 siswa), bertujuan untuk memberikan gambaran cara yang dipandang lebih baik untuk melatihkan kemampuan literasi sains untuk konten optik dan alat optik. Hasil analisis data dengan menggunakan Kruskal Wallis serta hasil uji lanjutan Mann Whitney U Test dengan α=0,05, menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains yang meningkat secara signifikan adalah applying bagi kelas inkuiri menggunakan SRJ (0,006 < 0,05; hasil uji lanjutan 0,002 < 0,05), sedangkan untuk kemampuan lainnya (knowing dan reasoning) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...