JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 1, No 1 (2015): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MEGGUNAKAN METODE AHP DI SMA PGRI 2 PRINGSEWU

Irawan, Dedi (Unknown)
Mantik, Aliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2016

Abstract

Kegiatan seleksi penerimaan siswa baru di SMA PGRI 2 Pringsewu  yang telah berjalan masih memiliki kendala, yaitu lamanya proses memilih peserta dari hasil dipertimbangkan menjadi hasil diterima. Proses ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian sebab peserta yang dipilih harus berkualitas sehingga memenuhi jumlah daya tampung yang ada. Proses ini merupakan penilaian subjektif dari seorang koordinator seleksi penerimaan siswa baru yang dilakukan secara manual. Oleh karena itu, untuk memudahkan dan membantu pihak sekolah dalam kegiatan seleksi penerimaan siswa baru didalam memilih peserta dari hasil dipertimbangkan menjadi diterima sebagai siswa maka perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi yang dapat membantu proses penentuan siswa dengan metode AHP.  Dimana akan memudahka dalam proses pengambilan keputusan. Persoalan yang akan diselesaikan, diuraikan menjadi unsur-unsur yaitu kriteria dan alternatif pada sistem pendukung  pengambilan keputusan seleksi penerimaan siswa baru di SMA PGRI 2 Pringsewu ini dilakukan dengan  metode langsung, yaitu metode yang digunakan untuk memasukan data kuatitatif. Biasanya nilai-nilai berasal dari sebuah analisis  sebelumnya atau dari pengalaman dan  pengertian yang l;ebioh detal dari masalah keputusan tersebut,. Dalam hal ini memakai tiga masukan nilai sebagai penentuan yaitu nilai IPA, IPS dan Matematika. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...