Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 4 (2019): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning dan Mean Ends Analysis Berbantuan Media Presentasi Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa

Wahyudi, Muhammad Amin (Unknown)
Purnomo, Djoko (Unknown)
Albab, Irkham Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dan Mean Ends Aalysis berbantuan Prezi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Dukuhwaru Tegal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Prezi, kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Mean Ends Aalysis berbantuan Prezi dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dan 2 tuntas KKM; (2) ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari ketiga kelompok; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol ; (4) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 2 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol; (5) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen 2; (6) terdapat pengaruh positif persepsi siswa terhadap pembelajaran Discovery Learning berbantuan Prezi pada eksperimen 1; dan (7) terdapat pengaruh positif persepsi siswa terhadap pembelajaran Mean Ends Analysis berbantuan Prezi pada eksperimen 2. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Mean Ends Analysis berbantuan media presentasi Prezi efektif dan lebih baik daripada pembelajaran Konvensional pada materi vektor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...