Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika
Vol 1, No 2: December 2013

PENERAPAN PENDEKATAN SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN (STML) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK DAN HUKUM OHM

Sukaisih, Roniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2013

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menerapkan pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dan Lingkungan (STML) dalam pembelajaran Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-C MAN Sengkol tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan teknik pengumpulan data; (1) data aktivitas belajar dikumpul dengan pedoman observasi, (2) data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kualifikasi kurang aktif dengan rata-rata 6,91 pada siklus I menjadi kualifikasi aktif dengan rata-rata 11,72 pada siklus II, (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kualifikasi belum tuntas dengan rata-rata 65,4 pada siklus I dan ketuntasan klasikal 57,78% meningkat menjadi rata-rata 74,16 dan ketuntasan klasikal 86,67% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan STML dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran rangkaian listrik dan hukum Ohm.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

Lensa

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika (J-LKF) published by the Physics Education Study Program Faculty of Mathematics and Natural Sciences (FPMIPA) IKIP Mataram. Contains scientific articles in the form of research and literature. Published every 6 months, including a study of science and teaching in ...