JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Vol 1, No 1 (2018): JPMI

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK

Tommy Tanu Wijaya (IKIP Siliwangi)
M Afrilianto (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis mengenai: (1) Kemampuan siswa dalam membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi dan generalisasi, (2) Kemampuan siswa dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, (3) Kemampuan siswa dalam menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, (4) Kemampuan siswa dalamn menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK TI PEMBANGUNAN CIMAHI. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh yaitu kemampuan siswa dalam membuat konjektur, menyusun argument, merumuskan definisi dan generalisasi tergolong kurang dengan persentase 37,5%. Kemampuan siswa dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika tergolong tinggi dengan presentase 86,7%. Kemampuan siswa dalam menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika tergolong kurang dengan persentase 48,3%. Kemampuan siswa dalam menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar tergolong kurang dengan persentase 25%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education on current science issues, namely: 1. Mathematics educator in elementary, secondary and high school level 2. Mathematics observers and researchers ...