JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Vol 1, No 1 (2018): JPMI

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DENGAN HABITS OF MIND SISWA SMK YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs)

Hanifah, Agfie Nurani (Unknown)
Mirna, Mirna (Unknown)
Mulianty, Hana Rizkia (Unknown)
Fitriani, Nelly (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan habits of mind siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan diambil dua kelas yang berbeda, dimana kelas pertama mendapatkan pembelajaran dengan Pendekatan MEAs dan kelas kedua menggunakan pembelajaran biasa. Populasinya merupakan seluruh siswa pada salah satu SMK di kabupaten Bandung dengan sampel yang diambil dua kelas. Kedua kelas diberikan pretes dan angket awal untuk mengetahui kemampuan awal mereka, selanjutnya pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan MEAs dan kelas kontrol diberikan pembelajaran biasa, dan di akhir kedua kelas diberikan postes dan juga angket akhir, yang mana data di akhir tersebut akan di olah dan di analisis korelasinya menggunakan Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan habits of mind siswa dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education on current science issues, namely: 1. Mathematics educator in elementary, secondary and high school level 2. Mathematics observers and researchers ...