JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Vol 1, No 2 (2018): JPMI

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Putri, Niva Ramadhani (Unknown)
Nursyahban, Enni Astari (Unknown)
Kadarisma, Gida (Unknown)
Rohaeti, Euis Eti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Kemampuan pemahaman matematik merupakan tujuan penting dalam pembelajaran. kemampuan pemahaman matematik memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sebagai hafalan. Siswa yang memiliki pemahaman matematik memiliki fondasi atau dasar yang lebih kokoh dalam belajar matematika. Pada artikel ini  kemampuan pemahaman matematik siswa SMP dianalisis pada materi segitiga dan segiempat. Materi segitiga dan segiempat adalah salah satu materi pembelajaran siswa SMP kelas VII semester genap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek terbatas yaitu sembilan orang siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Kabupaten Bandung Barat, dengan klasifikasi siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman matematik sebanyak tujuh soal dan pedoman wawancara.  Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematik yang dimiliki siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat berdasarkan pada tes tulis dan hasil wawancara dengan siswa yang masih tergolong rendah. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education on current science issues, namely: 1. Mathematics educator in elementary, secondary and high school level 2. Mathematics observers and researchers ...