Penyuluhan merupakan suatu penerangan yang menekankan pada objek tertentu dan hasil yangdiharapkan adalah perubahan perilaku individu atau sekelompok orang. Penyuluhan merupakan suatuusaha menyebarluaskan hal-hal yang baru agar masyarakat tertarik melaksanakannya dalamkehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat pengetahuan anakkelas V SD Negeri 064026 tentang kesehatan gigi dan mulut dengan penyuluhan menggunakan mediaflip chart dan boneka animasi. Jenis penelitiannya adalah deskriptif dengan metode suvei, denganpopulasi anak kelas V yang berjumlah 40 orang. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat pengetahuananak sebelum penyuluhan dengan media flip chart yang mendapat kriteria baik 5 responden , kriteriasedang 10 responden dan kriteria buruk 5 responden. Sebelum penyuluhan dengan media bonekaanimasi yang mendapat kriteria baik 6 responden, kriteria sedang 5 responden dan kriteria buruk 9responden. Sesudah penyuluhan dengan media flip chart yang mendapat kriteria baik 11 responden,kriteria sedang 9 responden dan kriteria buruk tidak ada. Sesudah penyuluhan dengan media bonekaanimasi yang mendapat kriteria baik 19 responden, kriteria sedang 1 responden dan kriteria buruktidak ada. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan dengan menggunakan mediaboneka animasi lebih meningkatkan pengetahuan anak kelas V SD Negeri 064026. Hal inidikarenakan boneka animasi lebih menarik perhatian anak-anak, sehingga pesan dalam penyuluhanlebih dapat dipahami.
Copyrights © 2015