NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 6, No 2 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Penggunaan Model Pembelajaran Glaser Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di Kelas VIII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2018-2019

Ahmad Husein Nasution (FKIP - Prodi PKn Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Delima Lubis (FKIP - Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifitasan model pembelajaran Glaser pada bidang studi pendidikan kewarganegaraan dan untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada bidang studi pendidikan kewarganegaraan.Berdasarkan analisa data di atas, maka diperoleh nilai hitung = 0,993 Selanjutnya penulis menetapkan nilai rxy tabel pada taraf kesalahan 5 % dengan N = 34  orang peserta didik adalah 0,339, dan taraf kesalahan 1 % adalah 0,436 (lihat daftar tabel terlampir). Untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan ketentuan untuk melihat pengaruh nilai rxy hitung dengan rxy tabel, dimana apabila nilai rxy hitung lebih besar dari rxy tabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima kebenarannya ekefektivitas model pembelajaran glaser terhadap minat belajar peserta didik pada bidang studi pendidikan kewarganegaraan (PKn) dan H0 ditolak, dan sebaliknya apabila nilai rxy hitung lebih kecil  dari rxy tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak kebenarannya yaitu tidak ada peran guru secara psikologis terhadap minat belajar peserta didik dengan materi pokok hakikat demokrasi dan macam-macam demokrasi pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan.Kata Kunci: Pembelajaran, Glaser, Dalam, Meningkatkan, Minat, Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...