NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 6, No 2 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Keberagaman Dan Toleransi Sosial Siswa SMP di Jakarta

Vega Febry Yanty (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universtas Negeri Jakarta)
M Japar (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universtas Negeri Jakarta)
Achmad Husen (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universtas Negeri Jakart)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh data empiris mengenai hubungan pemahaman tentang keberagaman dengan toleransi sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil uji koefisien product moment diperoleh rhitung = 0.235 sedangkan rtabel 0.207 berarti rhitung>rtabel yang artinya terdapat hubungan positif antara pemahaman tentang keberagaman dengan toleransi sosial siswa.  Uji koefisien determinasi diperoleh KD sebesar 23.5%, artinya pemahaman tentang keberagaman memberi kontribusi cukup berarti dalam menentukan toleransi sosial siswa, hal itu menunjukkan adanya hubungan positif antara pemahaman tentang keberagaman dengan toleransi sosial siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pemahaman tentang kebergaman dengan toleransi sosial siswa SMP Corpatarin Utama Jakarta Timur.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...