Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017

Agung Riadin (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Cici Liani Fitriani (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tentang aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga konkret (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya gravitasi,gaya gesek dan gaya magnet dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga konkret di kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian berjumlah 18 orang peserta didik, 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan teknik observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan alalisis dan rata-rata dan persentase ketuntasan yang di ambil dari hasil siklus pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...