Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan bentuk asesmen kinerja terhadap keterampilan proses TIK. Sampel diambil dengan cara random dengan anggota sampel 147 orang. Rancangan dalam penelitian ini adalah post-test only control group. Data dianalisis dengan analisis varians (Anava) dua jalan dan uji Scheffe sebagai uji lanjut dan ditemukan hasil sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses TIK siswa yang diberikan asesmen kinerja dengan siswa yang diberikan asesmen esai; (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan bentuk asesmen terhadap keterampilan proses TIK; (4) Keterampilan proses TIK siswa yang diberikan asesmen kinerja pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (5) Keterampilan proses TIK siswa yang diberikan asesmen esai pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (6) Keterampilan proses TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa yang diberikan asesmen kinerja lebih tinggi daripada siswa yang diberikan asesmen esai; (7) Keterampilan proses TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang diberikan asesmen esai lebih tinggi daripada siswa yang diberikan asesmen kinerja. Kata-kata kunci: asesmen, keterampilan proses TIK, STAD Abstract This study aims to determine the effect of application of cooperative learning model of STAD and performance assessment of ICT process skills. The sample was taken randomly with a sample of 147 people. This research was designed by performing post-test only control group. The ICT process skill data is collected through a process skill test. Data were analyzed by two-way variance analysis (Anava) and Scheffe test as post-hoc test and the results revealed that: (1) There are significant differences between the ICT skills of students who follow the model of STAD cooperative learning with students who follow the conventional learning model; (2) There is a significant difference between the ICT process skill of the students who performed the performance assessment and the students performed the essay assessment; (3) There is a significant interaction effect between the learning model and the assessment of ICT process skills; (4) The ICT process skills of the students who applied performance assessment on the STAD cooperative learning model is higher than the students who implemented the conventional learning model; (5) The ICT process skills of the students who applied essay assessment on the conventional learning model is higher than the students who implemented the STAD cooperative learning model;(6) The ICT process skills of the students who perfomed the model of STAD cooperative learning on the performance assessment is higher than the students who performed the essay assessment; (7) The ICT process skills of the students who perfomed the model of conventional learning on the essay assessment is higher than the students who performed the performance assessment. Keywords: assessment, ICT process skills, cooperative learning model of STAD
Copyrights © 2018