Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan
Vol 7, No 1 (2017):

APRESIASI GURU SENI BUDAYA TERHADAP PERKEMBANGAN SENI RUPA KONTEMPORER BALI PADA GURU SENI RUPA SMA NEGERI DI KABUPATEN GIANYAR

Dwitanaya, Made Susanta (Unknown)
Marhaeni, AAIN (Unknown)
Widiartini, NI Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  tingkat apresiasi guru seni rupa tingkat SMA Negeri di kabupaten Gianyar, ditinjau dari aspek apresiasi seni seperti; kemampuan  mengamati, kemampuan  menghayati, kemampuan mengevaluasi karya dan perkembangan seni rupa kontemporer Bali.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Populasi  dalam penelitian ini adalah 7 orang  yang merupakan seluruh guru seni rupa di 7 SMA Negeri yang ada di kabupaten Gianyar. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan kuisoner dan di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat apresiasi guru seni rupa tingkat SMA Negeri  di kabupaten Gianyar, jika ditinjau dari Aspek Kemampuan Mengamati Karya Seni tergolong baik . (2 ) Ditinjau dari aspek kemampuan menghayati karya seni ruap ada empat orang responden yang memilki kemampuan menghayati karya seni rupa kontemporer dengan baik dan mendalam. Sedangkan tiga responden lainnya tampaknya masih belum maksimal dalam aspek penghayatan terhadap perkembangan terkini karya seni rupa kontemporer. (3)         Ditinjau dari aspek kemampuan mengvaluasi karya seni rupa Dari hasil penelitian yang dilakuakan terhadap tujuh responden memperlihatkan semua  responden yang mampu secara maksimal memberikan perspektif kritis mereka dalam memandang perkembangan seni rupa kontemporer Bali.Kata Kunci ; Apresiasi Seni,  Seni Rupa Kontemporer

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal_ep

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education ...