Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Mind Mapping bersetting team game tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 palibelo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Palibelo yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan Mind Mapping bersetting team game tournament (TGT) dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes meningkatkan prestasi belajar berupa pret-test dan post-test berbentuk uraian.Berdasarkan hasil analisis data kelas eksperimen kelas eksperimen diperoleh nilai t-hitung adalah 9.544dan signifikannya adalah 0,749 0,05 sehingga H0 ditolak atau pendekatan mind mapping bersetting(TGT) tidak berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Sedangkan Pada kelas kontrol pembelajaran dengan metode ceramah dengan test-value 70 diperoleh t-hitung = 1,447 dengan hasil signifikan 0,161> 0,05, maka H0 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode ceramah tidak berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
Copyrights © 2019