Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Pengaruh Metode Mind Mapping Bersetting Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Muslim Muslim (Dosen STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Mind Mapping bersetting team game tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 palibelo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Palibelo yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan Mind Mapping bersetting team game tournament (TGT) dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes meningkatkan prestasi belajar berupa pret-test dan post-test berbentuk uraian.Berdasarkan hasil analisis data kelas eksperimen kelas eksperimen diperoleh nilai t-hitung adalah 9.544dan signifikannya adalah 0,749 0,05 sehingga H0 ditolak  atau  pendekatan  mind mapping bersetting(TGT)  tidak berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Sedangkan Pada kelas kontrol pembelajaran dengan metode ceramah dengan test-value 70 diperoleh t-hitung = 1,447 dengan hasil signifikan 0,161> 0,05, maka H0 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode ceramah tidak berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...