Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (2) Menganalisis peningkatan minat belajar matematika peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (3) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik; dan (4) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap minat belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Negeri Tanjung Pura Kabupaten Langkat pada kelas VII yang terdiri dari 7 kelas parallel dan terpilih secara acak dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi matematis dan angket minat belajar matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,431 dan 0,791 berturut-turut untuk kemampuan representasi matematis dan minat belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (2) Terdapat peningkatan minat belajar matematika peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik; dan (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap peningkatan minat belajar matematika peserta didik
Copyrights © 2019