Media Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TURUNAN SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 BOLO

Nurrahmah, Nurrahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang direncanakan dalam beberapa siklus dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bolo dengan jumlah siswa 30 orang. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi turunan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bolo .Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah: (1) data tentang hasil observasi siswa dan guru diambil pada saat proses belajar mengajar berlangsung, (2) hasil belajar siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir siklus. Aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif, ketuntasan klasikal, bila mencapai nilai 85% yaitu siswa yang memperoleh nilai ? 60 merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Siklus I; nilai rata-rata hasil belajar siswa 70,57 dengan porsentase ketuntasan belajarnya sebesar 83,33% dan rata-rata aktivitas siswa petemuan I dan II sebesar 2,92 dan 3,00 yang tergolong pada kategori cukup aktif. Dan terjadi peningkatan pada siklus II;  nilai rata-rata hasil belajar siswa naik 9,73 poin menjadi 79,94 dengan porsentase ketuntasan belajarnya sebesar 96,67% dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,16 yang tergolong pada kategori aktif. Hasil tersebut menunjukan sudah tercapainya indikator penelitian yang ditetapkan sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Turunan  Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bolo.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

MPM focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. The results of the study can be the ...