Statistika Industri merupakan salah satu mata kuliah yang sangat penting di prodi Teknik Industri. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk mampu memahami teori, melakukan perhitungan data dan analisa serta mengaplikasikannya di mata kuliah keahlian teknik industri lainnya.? Sumber belajar yang digunakan mahasiswa berupa slide dan handout dianggap belum mampu dijadikan sebagai alat pemecahan masalah ilmiah dan menyenangkan untuk dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan modul ajar pada mata kuliah Statistika Industri berbasis proyek (project-based learning). Modul ajar yang akan dikembangkan memiliki tujuan jangka panjang agar dapat digunakan secara efektif bagi mahasiswa atau peserta didik dan dosen yang menggunakan statistik sebagai alat dalam pengambilan keputusan. Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan menurut persepsi mahasiswa, didapatkan bahwa capaian kompetensi pembelajaran statistika industri yang diterapkan saat ini masih berada pada skor 3,047 (katagori cukup) dan proses belajar-mengajar (PBM) berada pada skor 3,452 (katagori cukup), sementara harapan mahasiswa pada analisa kompetensi berada pada skor 4.320 dan proses belajar dan mengajar berada pada skor 4,435. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya metode pengajaran baru yang dikembangkan agar mahasiswa atau peserta didik bisa menjadi lebih baik dan mencapai harapan yang diinginkan. Pendekatan project-based learning didasari oleh teori belajar Konstruktivisme yang mendukung keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajarannya, sehingga sesuai untuk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa. Model pengembangan produk 4D (define, design, develop, disseminate) digunakan dalam mengembangkan modul ajar.
Copyrights © 2017