cover
Contact Name
Albertus L. S.
Contact Email
abyan@stt-ibnusina.ac.id
Phone
+6282174587457
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Teuku Umar, Lubuk Baja, Kota Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Industri Kreatif (JIK)
ISSN : -     EISSN : 25978950     DOI : 10.36352/jik
Core Subject : Engineering,
Jurnal Industri Kreatif (JIK) yang memiliki E-ISSN 2597-8950 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina Batam untuk pengembangan Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina Batam, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu teknik industri. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan, artikel telaah yang berkaitan dengan perkembangan teknologi dan manajemen yang digunakan dalam dunia industri. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak enam bulan sekali yaitu pada bulan Februari, dan Agustus.
Articles 62 Documents
FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN DAN KEBIASAAN MEROKOK YANG MEMPENGARUHI FUNGSI PARU NELAYAN Pramawati, Anita
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.384 KB) | DOI: 10.36352/jik.v3i1.166

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor ? faktor lingkungan yang mempengaruhi fungsi paru-paru dari nelayan Pulau Buluh disekitar Galangan Kapal (shipyard) Sagulung Kota Batam . Penelitian ini menggunakan desain cross ? sectional, analisa data menggunakan analisis jalur, teknik pengambilan sampel total sampling sebanyak 140 orang nelayan. Hasil penelitian menunjukkan ,ada 3 variabel yang mempengaruhi paru-paru fungsi paru, yaitu kelembaban, konsentrasi debu, suhu. Dari bivariat analisis , itumenemukan bahwa konsentrasi debu adalah variabel yang paling dominan yang paling mempengaruhi kapasitasfungsi paru yakni konsentrasi debu? dengan nilai p : 0,000, dengan nilai R 0,704 karena > 0,5 maka pengaruhnya kuat. Gangguan fungsi paru berhubungan dengan produktivitas kerja dengan nilai p : 0,000.
Analisis Kebutuhan Tenaga Penera Provinsi Kepulauan Riau Wibowo, Satrio Edi
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 1, No 01 (2017): JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.007 KB) | DOI: 10.36352/jik.v1i01.53

Abstract

Saat ini, kesadaran atas kebenaran suatu alat ukur yang digunakan dalam transaksi perdagangan semakin meningkat seiring dengan sikap kritis yang dilakukan baik oleh konsumen ataupun produsen terhadap alat ukur yang digunakan dalam transaksi tersebut. Lalu bagaimana dengan pelayanan kemetrologian yang dilakukan guna menunjang tuntutan dari pasar tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metrologi terhadap perekonomian dan apa saja yang menjadi penghambat dalam peningkatan mutu pelayanan kemetrologian di provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan dua analisa dimana analisa pertama dengan simulasi perbandingan dari provinsi di wilayah Sumatera dengan melihat kontribusi metrologi terhadap perekonomian dengan jumlah sumber daya yang dimilikinya dan analisa kedua dengan menggunakan waktu kebutuhan untuk mengetahui jumlah aktual tenaga penera dari data jumlah alat ukur yang dimiliki oleh provinsi Kepulauan Riau, lalu dalam mengetahui kelayakan dari suatu rencana digunakan metode Analisis Manfaat Biaya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) peranan metrologi dalam perekonomian sangat besar; (2) jumlah tenaga penera provinsi Kepulauan Riau masih sangat kurang dan perlu dilakukan penambahan guna meningkatkan mutu dari pelayanan yang diberikan; (3) manfaat yang diberikan dari penambahan tenaga penera di provinsi Kepulauan Riau sangat layak untuk dilakukan.
Hubungan Rambu-Rambu K3 dan Pengawasan Kerja dengan Perilaku Aman (Safe Behavior) Pada Pekerja di PT X Pelabuhan Batu Ampar Kota X Tahun 2017 noviyanti, noviyanti
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.144 KB) | DOI: 10.36352/jik.v2i2.118

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan rambu-rambu (K3) dan pengawasan kerja dengan perilaku aman (safe behavior) pada pekerja di? PT? X Pelabuhan Batu Ampar Kota?? X Tahun 2017. Jenis penelitian ini analitik dengan desain Cross Sectional. Jumlah sampel 73 responden dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa Rambu-Rambu K3 memiliki hubungan dengan Perilaku Aman (Safe Behavior) (p = 0,033) dan Pengawasan Kerja (p = 0,018) memiliki hubungan yang signifikan dengan Perilaku Aman (Safe Behavior). Kesimpulan bahwa ada hubungan antara RambuRambu K3 dan Pengawasan Kerja dengan Perilaku Aman (Safe Behavior). Diharapkan bagi? PT? X Pelabuhan Batu Ampar Kota?? X memiliki media promosi program keselamatan kerja, membuat jalur khusus, mengadakan pelatihan yang berkaitan dengan Rambu-Rambu K3 dan Pengawasan Kerja serta memberikan sanksi kepada pekerja yang tidak berperilaku aman. Sehingga K3 dapat berjalan dengan baik
Pengukuran Waktu Standar Perawatan Air Conditioning (AC) Pada Kawasan Industri Batamindo Roidelindho, Kiki
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 1, No 01 (2017): JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.128 KB) | DOI: 10.36352/jik.v1i01.41

Abstract

Salah satu bentuk Perawatan AC adalah chemical cleaning yaitu pencucian AC menggunakan cairan pembersih kimia. Perawatan AC yang terpasang di kawasan Batamindo menyebabkan pentingnya jadwal perawatan berkala agar perawatan AC menjadi efektif. Berdasarkan pengamatan dilapangan pelaksanaan kerja perawatan tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. permasalahan ini disebabkan karena jadwal disusun berdasarkan asumsi dan perkiraan bukan berdasarkan analisis pengukuran kerja. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengukuran kerja menggunakan metode stopwatch untuk menentukan waktu standar dari perawatan AC. Hasil yang dicapai digunakan oleh perusahaan sebagai acuan dalam penyusuan jadwal kerja. Penelitian ini berbentuk analisis deskriftif kuantitatif. Hasil analisa 32 data pengamatan dengan 6 elemen kerja perawatan? AC didapat waktu siklus sebesar 45.91 menit, waktu normal sebesar 49.59 menit dan Waktu standar sebesar 54.54 menit serta output standar 8 unit/hari.
Perancangan Fasilitas Kerja Yang Ergonomis bagi Operator CCTV Kominfo Batam Larisang, Larisang; Lubis, Arina Luthfini; Akbar, Zulkifli Ali
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jik.v3i2.210

Abstract

Tempat dan kondisi kerja yang kurang nyaman dapat menimbulkan kerugian salah satunya adalah keluhan sakit leher, dan banyaknya absen karyawan. Kominfo bidang CCTV merupakan salah satu bidang keamanan yang berkerja untuk memantau seluruh daerah dikota batam dan untuk bidang CCTV kominfo? baru 4? di Indonesia, dimana masih terdapat operator yang bekerja dalam posisi yang kurang ergonomis, salah satunya di bagian operator CCTV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya karyawan absen di Kominfo Batam Dalam penelitian ini digunakan metode Antopometri dan Ergonomi, Peta Aliran Proses yaitu sebuah metode untuk menilai postur,dan? suatu aktivitas kerja yang berkaitan dengan penggunaan anggota tubuh. Dari hasil analisis antopometri dan ergonomi didapat hasil bahwa rancangan ulang fasilitas kerja?yang dirancang adalah meja posisi meja, tinggi layar besar?telah disesuaikan dengan dimensi tubuh manusia, sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan serta mengurangi keluhan atas sakit leher yang diderita operator.
Analisa Sistem Antrian Pada Check-In Counter Di Maskapai Lion Air Bandara Hang Nadim Batam Sanusi, Sanusi; Bora, M. Ansyar; Anggraini, Ulfa
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.663 KB) | DOI: 10.36352/jik.v2i1.76

Abstract

PT. Lion Air adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan domestik maupun internasional. Peningkatan jumlah penumpang pesawat pada musim peak season? mengakibatkan terjadinya antrian yang panjang dan menumpuk di check-in counter, begitu juga kondisi di Bandara Hang Nadim Batam. Terkait dengan pelayanan penumpang, hal penting yang harus diperhatikan adalah pelayanan penumpang yang akan berangkat, pemberian pelayanan terhadap check-in counter yang cepat dan tanggap merupakan hal yang sangat penting agar pelanggan tidak terlalu lama menunggu dalam antrian. Masing-masing pelanggan akan mendapat pelayanan dengan waktu yang berbeda-beda, tergantung dengan cepat atau lambatnya pelayanan yang diberikan, sehingga menghasilkan waktu tunggu yang berbeda-beda. Waktu normal yang dibutuhkan untuk proses check-in adalah 2 menit 30 detik menunggu dalam antrian pelayanan check-in counter adalah kurang dari 20 menit (PM 49, 2012).? Maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui berapa lama waktu tunggu untuk proses check-in serta apakah jumlah ?konter yang sekarang sudah optimal untuk meningkatkan pelayanan.
ANALISA PENGUKURAN KINERJA TEAM DIRECTSSELLING PT. GOLDEN COMMUNICATION DENGAN MENGGUNNAKAN METODE BALANCE SCORECARD DAN ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) Tri Widodo, Trenggono; Alamsyah, Nanang; Wahyu, Zulfirman
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.831 KB) | DOI: 10.36352/jik.v3i1.174

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah proses perancangan pengukuran kinerja team direct selling dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Balance Scorecard (BSC) di perusahaan PT. Golden Communication. Dalam hal ini, pengukuran kinerja di PT. Golden hanya berdasarkan hasil dari penjualan team direct selling. Untuk mengetahui hasil dari penguukuran kinerja karyawan, maka selanjutnya tahap peta strategi yang diusulkan, kemudian setalah itu mendapatkan variabel yang dikelompokkan menjadi 4 perspektif balance scorecard (BSC). Untuk mengetahui prioritas untuk setiap perspektif, pembobotan prioritas serta bobot hasil perspektif , digunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Untuk perpektif finansial, memiliki bobot sebesar 38.20 % dengan distribusi bobot untuk peningkatan penjualan sebesar 34% dan efisiensi biaya 4%. Untuk perspektif pelanggan, bobot perspektif nya, 6.20% dengan distribusi bobot 5 % untuk tingkat kepuasan pelayanan dan 2 % untuk tingkat kepuasan produk. Kemudian untuk perspektif internal bisnis, memiliki bobot 39 % dengan distribusia bobot untuk optimalisasi media promi ke pelanggan sebesar 29% dan menyempurnakan strategi dan peluang distribusi ke pelanggan sebesar 10 %. Selanjutnya untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran , dengan bobot 16.70 % dengan pembagian setiap bobotnya untuk menciptkan SDM kompetitif sebesar 3 % dan bobot pemberian apresiasi terhadap karyawan sebsar 14%. Hasil dari pembobotan kemudian ditentukan KPI dan hasil pengukuran kinerja berdasarkan taget dan pencapaian dari karyawan. Dengan skor rata rata per 6 bulan sebesar 83.66 %.
EVALUASI PROGRAM PRAKERIN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMKN 2 LUBUK BASUNG Adi, Novi Hendri
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.649 KB) | DOI: 10.36352/jik.v2i1.80

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen konteks, input, proses, dan hasil dari praktik kerja industri pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 2 Lubuk Basung Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa komponen konteks, input, proses dan hasil yang ada pada program praktik kerja industri di SMK Negeri 2 Lubuk Basung berada pada kategori cukup. Sehingga perlu diadakan perbaikan dari komponen input, dan koponen proses untuk menunjang keberhasilan dalam melaksanakan prakerin. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model CIPP yang bertujuan untuk mengetahui dari masing-masing komponen konteks, input, proses dan hasil dari pelaksanaan program prakerin. Metode yang digunakan metode kombinasi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara urutan pembuktian (sequential explonary). Pendekatan ini dicirikan dengan pengumpulan data dan analisis kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap kedua untuk memperkuat hasil temuan peneltian kuantitaitf. Rekomendasi dari penelitian ini bagi peserta didik diharapkan dapat berkomunikasi dan aktif dalam bersosialisai di industri, program prakerin direncanakan secara bersama-sama antara pihak sekolah dengan pihak industri tentang kesesuaian program keahlian peserta didik dengan kompetensi kerja yang ada di dunia industri. Melakukan perbaikan pada setiap komponen, khususnya pada komponen input dan komponen proses, selalu menjalin hubungan kerja sama dengan pihak industri, serta aktif dan inovatif dalam melakukan pengembangan kurikulum dan perangkatnya sebelum program prakerin dilaksanakan.
Analisa faktor penyebab terjadinya defect painting pada proses pengecatan dump truck 777DX Larisang, Larisang; Abdurahman, Nandar Cundara; Masnur, Mohamad
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.612 KB) | DOI: 10.36352/jik.v3i1.170

Abstract

Proses pengecatan (painting) merupakan proses yang tidak bisa dipisahkan dari proses fabrikasi, proses painting merupakan salah satu cara untuk penanggulangan korosi, yang sering terjadi pada produk-produk dengan bahan baku material jenis besi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor prnyrbab dan akar permasalahan. ?Berdasarkan diagram pareto dapat diambil kesimpulan faktor utama penyebab terjadinya cacat ialah Dust/Dirt yaitu sebesar 24.59% kecacatan inilah yang memberikan kontribusi prioritas perbaikan terhadap kecacatan dalam suatu perusahaan Dari hasil analisa menggunakan diagram fishbone, ada beberapa penyebab yang menjadi permasalahan produk dump truck 777DX tetapi dalam hal ini Akar permasalahannya ialah jadwal perawatan perpentif tidak ditinjau secara teratur oleh pihak maintenance menyebabkan oven mudah kotor dan berdebu. Solusi yang didapat yaitu pembersihan harus dilakukan setiap 1 bulan sekali oleh Tim Panji selaku maintenance sehingga hasil pengecatan yang di dapat lebih baik dari hasil yang sebelumnya. Saran dalam penelitian ini Sebaiknya perusahaan memprioritaskan perbaikan terhadap cacat yang lebih dominan, serta memberikan pelatihan kepada operator mesin serta melakukan perawatan mesin secara berkala
Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam Bora, M.Ansyar
JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK) Vol 1, No 01 (2017): JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK)
Publisher : STT Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.823 KB) | DOI: 10.36352/jik.v1i01.49

Abstract

Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam sejak tahun 2013 sudah menggunakan e-learning dengan model, E-learning atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh Universitas llionis di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer assisted instruction) dan komputer bernama PLATO. E-Learning Cloud STT Ibnu Sina Sejak digunakan hingga sekarang belum pernah dilakukan pengukuran kepuasan penggunaan e-learning cloud (google classroom) yang digunakan, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna layanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur kepuasan pengguna e-learning cloud di STT Ibnu Sina Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna E-learning Cloud yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 73 responden, teknik pengambilan yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling jenis Accidental Sampling. Setelah dilakukan pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisa kualitatif diperoleh bahwa Responden puas (P) dengan penggunaan E-learning cloud STT Ibnu Sina Batam dengan jawaban responden sebesar 41%, responden yang menjawab sangat puas (SP) sebesar 32%, responden yang menjawab cukup puas (CP) sebesar 13%, responden yang menjawab kurang puas (KP) sebesar 9% dan jawaban responden sangat Tidak Puas (STP) sebesar 5%.