Cakrawala Pedagogik
Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik

PENGARUH SOAL TIPE HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Asep Saefullah Kamali (STKIP Syekh Manshur)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soal tipe HOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darussa’adah Cikadueun Saketi Tahun Pelajaran 2018-2019. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa soal tipe HOTS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pelajaran matematika secara signifikan dibandingkan dengan latihan soal konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan gain dengan taraf kepercayaan (? = 5%), untuk kelas eksperimen rerata gain sebesar 0,52 sedangkan untuk kelas kontrol rerata gain sebesar 0,14.

Copyrights © 2019