Mimbar Ilmu
Vol 24, No 3 (2019)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS PETELUR MATERI PENGADAAN BIBIT UNGGAS PETELUR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING

., Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran dan tes hasil belajar pada mata pelajaran Agribisnis Ternak Unggas Petelur dengan materi pengadaan bibit ternak ungags petelur siswa kelas XI ATU 2 Program Kehlian Agribisnis Ternak Unggas, SMK Negeri 2 Negara, yang dilakukan selama Siklus I dan II dapat dijelaskan sebagai berikut: bahwa pada prasiklus rata-rata nilai 63,7 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 53,8%, pada siklus I rata-rata nilai 75,3 dengan ketuntasan belajar 80,8% dan pada siklus II rata-rata nilai 80,1 dengan ketuntasan belajar 100% dengan demikian bearti terdapat peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan yaitu dari prasiklus ke siklus I? 11,6, dari siklus I ke silus ke II 4,8 atau peningkatan ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I 27% dan dari siklus I ke siklus II 19,2%. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran problem base learning pada mata pelajaran agribisnis ternak ungags petelur dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI ATU 2 Program Keahlian Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 2 Negara?Kata-kata kunci : Problem Base Learning ,Hasil Belajar, Pengadaan Bibit? Unggas Petelur

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...