Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 023 Tarakan kualitas hasil belajar PAI kelas III masih di bawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI, melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil observasi siswa diperoleh nilai rata-rata dari aspek perhatian 2,56 menjadi 3,75 di siklus II, Aspek partisipasi dari 2,12 menjadi 3,12 di siklus II, Aspek pemahaman dari 2,14 menjadi 3,05 di siklus II dan aspek kerjasama dari 2,12 menjadi 3,14 di siklus II.Sementara untuk hasil nilai prestasi belajar mencapai nilai rata-rata 79. 1 di siklus I menjadi 82,38 pada siklus II.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019