cover
Contact Name
Pangkuh Ajisoko
Contact Email
-
Phone
+6281282267291
Journal Mail Official
jurnaledukasia@gmail.com
Editorial Address
Jalan Amal Lama Nomor 1 Tarakan
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Edukasia : Jurnal Pendidikan
ISSN : 23021225     EISSN : 2654329X     DOI : -
Jurnal ilmiah ilmu pendidikan (EDUKASIA) menerima dan memuat naskah dalam bentuk hasil penelitian (artikel ilmiah) dalam bidang pendidikan sosial, pendidikan sains, pendidikan MIPA dan kajian lain selama dalam lingkup Pendidikan. Penerbitan Jurnal Edukasia pada bulan April dan Oktober dengan E-ISSN 2654-329X dan P-ISSN 2302-1225
Articles 120 Documents
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PERKULIAHAN PENGANTAR DASAR MATEMATIKA R, Nurmala
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.951 KB) | DOI: 10.35334/edu.v6i1.901

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berbasis e-learning yang layak digunakan dalam perkuliahan Pengantar Dasar Matematika. Pengembangan? pembelajaran berbasis e-learning ini mengacu pada model Dick dan Carey yang memiliki 10 tahapan. Instrumen? yang digunakan? untuk? mengumpulkan? data? dalam? penelitian pengembangan? ini? adalah angket validasi ahli dan angket respon mahasiswa. Adapun hasil penelitiannya adalah produk yang dikembangkan yaitu pembelajaran berbasis e-learning layak digunakan dalam proses perkuliahan pengantar dasar matematika. Hal ini berdasarkan analisis data para ahli yaitu masing-masing ahli menunjukkan layak untuk digunakan dengan skor 3,0 untuk ahli media dan 3,2 untuk ahli materi. Respon mahasiswa pada saat dilakukan uji coba didapatkan skora rata-rata 3,2 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pembelajaran e-learning dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pengantar dasar matematika.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 023 TARAKAN SEMESTER I TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Supriati, Supriati
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (853.967 KB) | DOI: 10.35334/edu.v6i2.1060

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Tarakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pecahan. Jenis ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan mulai 01 September sampai 30 Oktober 2018 dengan 6 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SDN 023 Tarakan tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan pada setip siklus melalui observasi preoses belajar siswa dan pemberian tes kompetensi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai yang mencapai 61,85. Pada siklus II, hasil penelitian yang diperoleh mengalami peningkatan nilai rata-rata mencapai 82,96. Pada siklus II diperoleh peningkatan nilai yang mencapai 21,11. Hal ini berarti siswa sangat setuju dan senang dengan adanya pembelajaran STAD yang diterapkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE SUKU KATA SISWA KELAS IA SD NEGERI 006 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Yuswati, Yuswati
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.912 KB) | DOI: 10.35334/edu.v6i1.896

Abstract

Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Melalui Metode Suku Kata Siswa Kelas IA SD Negeri 006 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode suku kata membaca permulaan. Adapun kelas yang akan digunakan adalah Kelas IA SD Negeri 006 Tarakan ?yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 18 anak laki?laki dan 12 anak perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan membaca melalui metode suku kata dapat meningkatkan ?hasil belajar siswa,?? dibuktikan ?dengan peningkatan hasil belajar siswa disetiap aspek pengamatan, tindakan? dan tes akhir pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode suku kata dapat? meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga menggunakan metode suku kata dalam pembelajaran untuk? mendukung terlaksanannya proses ?pembelajaran, ?sesuai dengan kebutuhan siswa.
TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BAHASA INGGRIS SISWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 Vega, Nofvia De; Arifin, Arifin; Anggriani, Dwi
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.317 KB) | DOI: 10.35334/edu.v5i2.1006

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model TGT dan permainan ular tangga. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dengan pembelajaran model TGT dan siklus II pembelajaran TGT dengan permainan Ular Tangga. Alat pengumpulan data adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik data diolah dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris menggunaan model TGT dan permainan Ular Tangga, (2) terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 31.25%, dan (3) terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran dari 77.5 % menjadi 85%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan TGT dan dan permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belaajr siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PELANGI TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BUNYU Sundari, Sundari
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.121 KB) | DOI: 10.35334/edu.v5i2.1001

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari model Kemmis dan Taggart, yang pelaksanaanya menggunakan dua siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Bunyu Tahun Pelajaran 2018/2019. Komik pelangi merupakan sebuah inovasi pembelajaran berbasis IT yang dapat diunduh di play store. Komik Pelangi memiliki fitur penentuan karakter tokoh, latar, serta balon kata-kata yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Peserta didik dapat menjadi karakter komik yang sedang memperagakan cara membuat atau melakukan sesuatu berdasarkan prosedur yang tepat. Balon kata-kata yang disediakan dalam aplikasi ini, dapat digunakan peserta didik untuk menjelaskan tujuan, bahan-bahan yang digunakan, serta langkah-langkah proses pembuatannya secara lugas. Dalam satu tampilan layar komik berisi enam panel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin ditampilkan oleh peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil tes formatif, lembar observasi aktivitas belajar mengajar selanjutnya dianalisis. Dari hasil analisis menunjukan terjadinya peningatan nilai rata-rata kelas maupun nilai hasil belajar peserta didik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SIFAT-SIFAT WAJIB BAGI ALLAH MELALUI METODE KOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 023 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Sudarmi, Sudarmi
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.826 KB) | DOI: 10.35334/edu.v6i2.1061

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 023 Tarakan kualitas hasil belajar PAI kelas III masih di bawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI, melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil observasi siswa diperoleh nilai rata-rata dari aspek perhatian 2,56 menjadi 3,75 di siklus II, Aspek partisipasi dari 2,12 menjadi 3,12 di siklus II, Aspek pemahaman dari 2,14 menjadi 3,05 di siklus II dan aspek kerjasama dari 2,12 menjadi 3,14 di siklus II.Sementara untuk hasil nilai prestasi belajar mencapai nilai rata-rata 79. 1 di siklus I menjadi 82,38 pada siklus II.
KEMAMPUAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM NOVEL REMAJA DI SEKOLAH SMP NASIONAL PLUS INDO TIONGHOA TARAKAN Fathonah, Siti
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.263 KB) | DOI: 10.35334/edu.v6i1.902

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan sejumlah 37 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Sampling Purposive? secara tidak acak (random) karena kelas VIII di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan hanya terdapat dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
X-KOMP BAHASA INDONESIA: ANALISIS TATA BAHASA LEKSIKAL FUNGSIONAL Romadhan, Achmad Dicky
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.776 KB) | DOI: 10.35334/edu.v6i1.897

Abstract

Penelitian ini membahas X-Komp pada bahasa indonesia menggunakan teori tatabahasa leksikal fungsional. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data lisan yang diambil dari penutur asli bahasa Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa dalam X-Komp bahasa Indonesia terdapat pelesapan argumen dalam verba sematan. Tatabahasa leksikal fungsional digunakan untuk menjelaskan X-Komp dalam bahasa Indonesia.
PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MELATIH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK Izzatin, Maharani; R, Nurmala
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.461 KB) | DOI: 10.35334/edu.v5i2.1007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis inquiry terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah metode numerik, dan 2) mengetahui? tingkat Higher Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah metode numeric. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Adapun rancangan penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan pola one group pretest dan posttest. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes untuk mengukur HOTS mahasiswa. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 22.00 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji Wilcoxon diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan Higher Order Thinking Skills mahasiswa setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry lebih baik dibanding sebelum diberikan perlakuan. Adapun peningkatannya termasuk dalam kategori cukup.
THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 FOR TEACHING AND LEARNING ENGLISH AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF MA NEGERI TARAKAN IN ACADEMICYEARS 2018/2019 Ali, Imran Bin; Ridwan, Ridwan
Edukasia : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Edukasia : Jurnal Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.206 KB) | DOI: 10.35334/edu.v5i2.1002

Abstract

The research design of this research was case study. The research objects of this research were the English teacher at the tenth grade and the head master of MA Negeri Tarakan. The technique of collecting data in this research used three instruments there were: observation sheet, interview, and document analysis. The result of this research is curriculum 2013 in MA Negeri Tarakan has already implemented but not running well. The implementation of curriculum 2013 only 60 percent that implement in the class; the English teacher need to understand the authentic assessment and all of items in scientific approach. In conducting teaching and learning process the English teacher could teach based on lesson plan but it was not effective. Then, the problems that the English teacher faced in implementation of curriculum 2013 in teaching preparation mostly in preparing media that would be use in teaching process because lack of facility in the classroom, in making written preparation especially on lesson plan the English teacher need to make the appropriate indicator with the syllabus because the indicator is very important to measure the students? ability. In teaching and learning process the teacher have some problems: lack of training until the teacher couldn?t apply the scientific approach, couldn?t manage the class well, lack of media in the classroom because the English teacher just prepare the media in language laboratory. In teaching evaluation the teacher couldn?t apply scientific approach well it made the teacher couldn?t use the authentic assessment because lack of training in curriculum 2013

Page 1 of 12 | Total Record : 120