Penggunaan soal terbuka dalam pembelajaran matematika telah banyak digunakan? sebagai ?assesmen? dalam? penilaian? hasil ?belajar.? Hal ?ini ?dilakukan karena melalui pertanyaan terbuka guru dapat mengeksplorasi kemampuan berpikir dan tingkat pemahaman? siswa yang beragam. Seiring perkembangan inovasi dalam pembelajaran, soal terbuka tidak lagi hanya sebagai alat untuk melakukan evaluasi, namun dikembangkan menjadi ?sebuah ?pendekatan ?pembelajaran dengan istilah pendekatan open-ended. untuk itu perlu kiranya dilakukan penelitian pustaka untuk mengkaji hal-hal yang bersifat teoritis terkait dengan pendekatan ini untuk digunakan pada pembelajaran matematika. Berdasarkan penelusuran pustaka tersebut disusunlah paparan mengenai mengapa pendekatan open-ended perlu diterapkan, langkah penerapannya, dan cara penilaiannya. Dengan harapan dapat menambah khazanah pengetahuan tentang pendekatan open-ended.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018