Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2018)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KENDARI

Aisyah Wiyono (Halu Oleo University)
Mustamin Anggo (Unknown)
Kadir Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

Penelitian expos fakto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari yang berjumlah 345 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 67 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sedangkan tes digunakan untuk mengambil data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferansial. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari, besarnya pengaruh kecerdasan emosional yaitu sebesar 13,6%, sedangkan  sisanya sebesar 86,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...