Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 KENDARI

Hermin Hermin (Halu Oleo University)
Kodirun Kodirun (Unknown)
La Arapu La Arapu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling,  kemudian dipilih 2 kelas sebagai sampel secara random.Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes  berbentuk soal uraian.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) persentase tingkat keaktifan siswa pada 4 kali pertemuan dengan model pembelajaran Think Talk Write  mengalami peningkatan, yaitu 69,44% sampai 97,22% (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Writeadalah 73,17(3) Rata-rata  kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung adalah 64,77, dan (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 5 Kendari.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...