Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2019)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOCRATES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI

Mitha Ariesta (Halu Oleo University)
Suhar Suhar (Unknown)
Arvyaty Arvyaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran Socrates terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­-B sebagai kelas ekperimen yang diterapkan metode pembelajaran Socrates dan kelas  VIII-I sebagai kelas kontrol yang diterapkan metode ceramah. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika dan dianalisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran Socrates terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...