Journal of Natural Science and Integration
Vol 2, No 2 (2019): JNSI

Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Biologi Molekuler

Evi Suryanti (Universitas Islam Riau)
Any Fitriani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sri Redjeki (Universitas Pendidikan Indonesia)
Riandi Riandi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Virtual laboratory berkembang pesat penggunaannya dalam pembelajaran sains karena terbukti memberikan manfaat yang signifikan terhadap proses dan hasil belajar sains. Keterbatasan fasilitas laboratorium dalam pembelajaran Biologi Molekuler pada Program Studi Pendidikan Biologi di salah satu LPTK di Kota Pekanbaru telah mendorong pengembangan aplikasi PCR virtual dan penggunaannya dalam pembelajaran Biologi Molekuler berstrategi modified free inquiry pada topik Polymerase chain reaction (PCR). Tujuan penelitian ini untuk meninjau persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi PCR virtual serta mendeskripsikan dan membandingkan persepsi tersebut dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Ada lima aspek persepsi yang disurvei yaitu inovasi, motivasi, efektivitas, manfaat, dan penyajian prosedur praktikum. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase persepsi positif paling besar adalah pada aspek inovasi dan penyajian prosedur praktikum (98%), diikuti oleh aspek motivasi (96%), aspek manfaat (88%), dan aspek efektivitas (86%). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa   secara rerata sebagian besar mahasiswa (93%) mempunyai persepsi positif terhadap penggunaan  PCR virtual dalam pembelajaran Biologi Molekuler dan sebagian kecil (7%) yang memiliki persepsi negatif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...