Prevalensi penyakit gigi dan mulut masih tinggi pada anak prasekolah yaitu karena terabaikannya kebersihan gigi dan mulut. Salah satu cara merubah keterampilan gosok gigi anak yaitu dengan memberikan penyuluhan kesehatan dengan metode cerita boneka tangan pada anak prasekolah di TK Darmawanita kec.wasuponda. Desain penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan pre test-post test. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 30 orang anak, teknik sampling simple total sampling.Hasil penelitian menunjukan hasil pengetahuan keterampilan gosok gigi rata-rata sebelum penyuluhan dengan metode cerita boneka tangan dengan kreteria baik 0 dengan 0%, kreteria cukup 7 orang dengan presentase 23,3 %, dan kreteria kurang 23 orang dengan presentase 76,7%. Sedangkan pengetahuan responden setelah diberikan penyuluhan dengan metode cerita boneka tangan kreteria kurang 0 dengan presentase 0%, cukup 6 dengan presentase 20%, dan kreteria baik naik menjadi 24 orang dengan presentase 80%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan keterampilan gosok gigi setelah diberikan penyuluhan dengan menggunakan metode cerita boneka tangan mengalami peningkatan. Kata kunci : metode cerita boneka tangan, keterampilan, penyuluhan dan gosok gigi.
Copyrights © 2019