Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 6 No 1 (2017): September

Kepemimpinan Pendidikan dalam Tinjauan Ilmu Shorof

Damanhuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2019

Abstract

Ilmu Shorof merupakan salah satu ilmu bahasa Arab yang mengkaji tentang keadaan sebuah kata. Bahasan Shorof meliputi bagaimana pembentukan kata tersebut, apakah terbentuk dari huruf-huruf yang shohih atau tidak, kata tersebut mengikuti wazan apa, dan lain sebagainya  yang terkait dengan kata. Lingkup pembahasan ilmu shorof tidak keluar dari sebuah kata, artinya kata sebagai individu. Satu kata dalam bahasa Arab memiliki patokan standar, patokan ini yang disebut wazan. Dalam kajian ini akan dibahas tentang konsep kepemimpinan pendidikan dalam konsep ilmu shorof. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep kepemimpinan pendidikan dalam konsep ilmu shorof. Ringkasnya, kajian ini akan menjawab bagaimana ilmu shorof, yang merupakan salah satu kajian dalam bahasa Arab, berbicara tentang konsep kepemimpinan pendidikan. Karena objek kepemimpinan dan objek kajian ilmu shorof itu berbeda, maka sangat mungkin banyak interpretasi terhadap kata sebagai kajian ilmu Shorof dikomparasikan dengan pemimpin sebagai figur yang memiliki peran dan fungsi kepemimpinan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tadibi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Focus Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang keilmuan Manajemen Pendidikan Islam baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. Scope Jurnal ini berisi kajian Manajemen Pendidikan yang meliputi Kepemimpinan, ...