Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 1, No 2 (2017)

PENGARUH PEMBELAJARAN AFEKTIF TERHADAP SIKAP HORMAT SISWA KEPADA GURU

Khotimah, Husnul (Unknown)
Lestari, Mas roro Diah Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2018

Abstract

The writing of this thesis is motivated by the decrease of students’ respect attitude to the teacher, therefore, the researcher is moved to examine the causes of the decreasing respect attitude while proposing the solution by applying affective learning. The purpose of this study is to examine the differences in respect between students who use affective learning with students who do not use affective learning. The method used is quantitative method in the form of quasi experiment by using class experiment and class control with the hypothesis that there are differences of respect attitude between students who do not use affective learning. The results showed that there were differences between students using affective learning with students who did not use affective learning, it is proven from the results of t-test calculation on the students’ respect attitude after receiving treatment with 5% significance level obtained by Sig (2-tailed) of 0,000 and the value of Sig (2-tailed) is less than 0,05. Thus, it can be concluded that effective learning affects students’s respect attitudePenulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan sikap hormat siswa kepada guru sehingga penulis tergerak untuk meneliti apa penyebab penurunan sikap hormat tersebut sambil mengajukan solusi menerapkan pembelajaran afektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang perbedaan sikap hormat antara siswa yang menggunakan pembelajaran afektif dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran afektif. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang berbentuk percobaan semu  dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan hipotesis terdapat perbedaan sikap hormat antara siswa yang menggunakan pembelajaran afektif dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan pembelajaran afektif dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran afektif, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji-t skala sikap hormat siswa setelah mendapat perlakuan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Sig.(2-tailed) tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran afektif berpengaruh terhadap sikap hormat siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...