Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 1 (2018): Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA PANCA BHAKTI PONTIANAK

. Winarni (Prodi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Rizmahardian Ashari Kurniawan (Prodi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Raudhatul Fadhilah (Prodi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi kelas XI IPA 1 SMA Panca Bhakti Pontianak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D hasil modifikasi model 4D yang direkomendasikan Thiagarajan. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 90,48%. Kepraktisan berdasarkan nilai respon guru dan siswa dengan nilai 85,71% dan 83,33% dengan kriteria keduanya adalah sangat praktis. Keefektifan yang didasarkan pada analisis hasil belajar setelah menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,7 dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pena Kreatif merupakan jurnal pendidikan yang akan menerbitkan hasil penelitian dosen maupun guru. Jurnal pene Kreatif akan diterbitkan dua jenis terbitan: (1) Media Cetak, (2) Elekronik/online Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di ...