Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa selalu diarahkan untuk bisa memahami materi pembelajaran dengan sebaik-baiknya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi siswa dengan Three Tier Test pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test diagnostik berupa Three Tier Test dan wawancara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pemahaman konsep siswa pada materi sistem ekskresi, yaitu siswa termasuk ke dalam kategori memahami konsep (MK) sebanyak 58,14%. Siswa termasuk ke dalam kategori miskonsepsi (M) sebanyak 21,14%. Siswa termasuk ke dalam kategori lack of knowladgde (KP) sebanyak 15,21% dan siswa termasuk ke dalam kategori eror (E) sebanyak 4,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Siswa lebih banyak memahami konsep pada indikator mendeskripsi ginjal, siswa lebih banyak mengalami miskonsepsi pada indikator proses pengeluaran keringat. Siswa lebih banyak mengalami lack of knowladge pada indikator fungsi kulit dan siswa lebih banyak eror pada indikator zat warna empedu.
Copyrights © 2019