An-Nida': Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 7 No 2 (2019): Maret

Komunikasi Kontemporer Bisnis Islam (Studi Kasus di PT Arofah Mina Surabaya)

Nasrul Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi. Bisnis dan komunikasi sebagai satu proses sosial, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa komunikasi adalah bisnis dan sebaliknya, bisnis adalah komunikasi. Kemajuan di bidang teknologi informasi (TI komunikasi) juga berlangsung sangat pesat, sehingga informasi tentang keadaan tertentu dapat disampaikan tanpa tergantung jarak geografis. Kemajuan dibidang komunikasi kontemporer ( media baru ; internet, media online, media sosial, dll ) telah mempengaruhi pola-pola bisnis antarmanusia termasuk bisnis Islam ( Travel umrah dan haji plus ) Metode  penelitian kualitatif dengan Studi  di PT Arofah Mina Surabaya. Berdasarkan latar belakang masalah yang kemudian dijabarkan menjadi tujuan penelitian. Adapun tujuan penelitian  ini  adalah  sebagai berikut :pertama; Menkontruksi model komunikasi bisnis PT Arofah Mina dalam mewujudkan kompetitif bisnis.Kedua; Mendiskripsikan dan menganalisis implementasi komunikasi bisnis di PT Arofahmina Surabaya. Ketiga; Menggali dan mendiskripsikan  key succes  bisnis PT Arofah mina dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Adapun  hasil  penelitian ini sebagai berikut : pertama; Model  komunikasi bisnis PT Arofah Mina menggunakan  Integrated Marketing Communication ( IMC ) untuk meningkatkan ekuitas  merek. Kedua: Implementasi IMC PT Arofah Mina dengan menggunakan komunikasi kontemporer ( Internet : web, fb, IG, Aplikasi gadget ) mampu meningkatkan ekuitas merek ternyata berdampak pula pada peningkatan omzet penjualan  dari 1710 orang  tahun 2017/2018 menjadi 4320 orang di tahun 2018/2019. Ketiga: Kunci Sukses bisnis PT  Arofah Mina adalah  Integritas perusahaan dalam menerapkan nilai nilai islam dalam bisnis, meningkatkan kompetensi SDM dan penguasaan komunikasi kontemporer dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Membangun dan  memperluas  networking dengan kemitraan strategis.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

annida

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

FOKUS Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang keilmuan Komunikasi dan Penyiaran baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. SKOP Jurnal ini berisi kajian Komunikasi dan Penyiaran yang meliputi Komunikasi, ...