Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi. Bisnis dan komunikasi sebagai satu proses sosial, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa komunikasi adalah bisnis dan sebaliknya, bisnis adalah komunikasi. Kemajuan di bidang teknologi informasi (TI komunikasi) juga berlangsung sangat pesat, sehingga informasi tentang keadaan tertentu dapat disampaikan tanpa tergantung jarak geografis. Kemajuan dibidang komunikasi kontemporer ( media baru ; internet, media online, media sosial, dll ) telah mempengaruhi pola-pola bisnis antarmanusia termasuk bisnis Islam ( Travel umrah dan haji plus ) Metode penelitian kualitatif dengan Studi di PT Arofah Mina Surabaya. Berdasarkan latar belakang masalah yang kemudian dijabarkan menjadi tujuan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :pertama; Menkontruksi model komunikasi bisnis PT Arofah Mina dalam mewujudkan kompetitif bisnis.Kedua; Mendiskripsikan dan menganalisis implementasi komunikasi bisnis di PT Arofahmina Surabaya. Ketiga; Menggali dan mendiskripsikan key succes bisnis PT Arofah mina dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut : pertama; Model komunikasi bisnis PT Arofah Mina menggunakan Integrated Marketing Communication ( IMC ) untuk meningkatkan ekuitas merek. Kedua: Implementasi IMC PT Arofah Mina dengan menggunakan komunikasi kontemporer ( Internet : web, fb, IG, Aplikasi gadget ) mampu meningkatkan ekuitas merek ternyata berdampak pula pada peningkatan omzet penjualan dari 1710 orang tahun 2017/2018 menjadi 4320 orang di tahun 2018/2019. Ketiga: Kunci Sukses bisnis PT Arofah Mina adalah Integritas perusahaan dalam menerapkan nilai nilai islam dalam bisnis, meningkatkan kompetensi SDM dan penguasaan komunikasi kontemporer dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Membangun dan memperluas networking dengan kemitraan strategis.
Copyrights © 2019