GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): SEPTEMBER

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN KEGIATAN TAMBAK UDANG DI DESA TAMBAK SARI KECEMATAN POTO TANO KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Suspitasari Suspitasari (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Mas’ad Mas’ad (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Ibrahim Ali (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Pemberdayaan ekonomi merupakan sarana yang sangat penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab dalam suatu Desa, jika pemerintah Desa tidak ada untuk meningkatkan mutu perekonomian masyarakat, maka perekonomian masyarakat akan rendah. Dalam hal ini pemberdayaan masyarakat melalui tambak udang sebagai salah satu alternative yang dapat dikembakan dalam lokasih penelitian. Para masyarakat yang tidak berekonomi berkecukupan dapat memenfaatkan kesempatan itu untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Menjelaskan kondisi perekonomian masyarakat di Desa Tambak Sari Kecematan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat, menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan budidaya tambak udang di Desa Tambak Sari Kecematan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat, menjelaskan model pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam kegiatan tambak udang di Desa Tambak Sari Kecematan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode kualitatif. Sedangkan teknik penentuan informan adalah menggunakan metode sampling purposive, informan kunci, dan informan biasa. Informan kunci adalah Kepala Desa Tambak, sedangkan yang menjadi informan biasanya adalah Masyarakat Desa Tambak. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

geography

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Geography : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan was founded upon the conviction that the development of learning and teaching was vitally important to higher education. It is committed to promote, enhance and share geography learning and teaching in all institutions of higher ...