Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)

Peningkatan Budi Pekerti Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 1 Botupingge

Irfan Rujua (SMP Negeri 1 Botupingge)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2018

Abstract

Pendidikan budipekertiyangselama ini dilakukan olehguru belum memperhatikan konsep-konsep atauide-idedarianak,yang cenderung mendekte danmemaksakan anak melakukan ataumentaati. Sehingga semakin tnenurunnya pribadi siswa dalam budi pekertinya.Olehkarenaituguru bimbingan dankonseling perlu melakukanpenelitian tindakankelas melalui layanan bimbingan dankonselingyangmelibatkan siswasecara langsung melalui dinamika kelompok, yaitu layanan bimbingankelompok.Tujuan penelitian tindakankelasinidilakukan untuk meningkatkan bud;pekerti siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitiantindakan kelas ini dilaksanakan dengan menerapkan salah satujenis pemberian layanan bimbingan dankonselingyaitujenis layananbimbingan kelompok, pada proses layanan bimbingan siklusImaupunsiklusII.Setiappelaksanaan dilakukan kolaborasi dengan guru sejenis untukmengetahuipeningkatan pemahaman budipekerti siswa. Setelah selesailayanan bimbingan kelompok dilakukan rejleksi untuk mengevaluasi efektifitas penerapan jenislayanansertauntuk menentukan bentuk tindakan yang akan dilaksanakan dalamproses layanan berikutnya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket danlembarpenilaian.Analisisdata menggunakanteknikdiskripsikualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklusIaktivitassiswa dalam layanan bimbingankelompokmencapai rata-rata56,94%(sedang) denganketuntasan postes pokokbahasan budi pekerti (Siswayang mendapatnilai 65atau lebih) mencapai80,56%.PadasiklusIIaktivitassiswadalam layananbimbingankelompok mencapai rata-rata66,90%(baik)danketuntasanpos tesmateri budipekerti 88,88%.Dengan demikian layananbimbingankelompok dapatmeningkatkan pemahaman tentang budipekerti siswaIXESMPNegeri 1 Botupingge, diperoleh darihasilnilaipreteskeposttes sebesar35,88%menjadi88,88%atauterjadi peningkatan sebesar 50%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...