Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 4 No 3 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Bahasa Inggris Melalui Teknik Pengandaian Diri Sebagai Tokoh Dalam Cerita Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMKN 1 Airmadidi

Epprida Epprida (SMKN 1 Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui teknik pengandaian diri sebagai tokoh dalam cerita dengan media audio visual kemampuan menulis cerpen bahasa Inggris siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Airmadidi mengalami peningkatan sebesar 11,63 atau 18,30 %. Hasil rata-rata tes menulis cerpen bahasa inggris pratindakan sebesar 63,56 dan pada siklus I rata-ratanya menjadi 70,31 atau meningkat sebesar 10,62 % dari rata-rata pratindakan, kemudian pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 75,19 atau meningkat sebesar 6,94 dari siklus I. Dalam rangka mengembangkan kemampuan menulis cerpen bahasa Inggris penulis menyarankan agar: 1) para guru Bahasa Inggris hendaknya memandang bahwa pembelajaran menulis cerpen bahasa Inggris merupakan bagian yang penting dan tak terpisahkan dari mata pelajaran Bahasa Inggris, sehingga pembelajaran menulis cerpen ini hendaknya mendapat porsi yang cukup dan tidak dilewati begitu saja. 2) para guru bahasa Inggris hendaknya lebih bervariasi dalam memilih teknik dan media pembelajaran agar siswa menjadi lebih berminat mengikuti proses pembelajaran dan tidak merasa jenuh. 3) para guru bahasa Inggris hendaknya mengembangkan penggunaan media audio visual secara kreatif dan efektif misalnya dengan cara memperbanyak jenis cerita dan bahan ajar lain. 4) hendaknya media audio visual juga digunakan pada mata pelajaran yang lain secara bervariasi dengan media-media yang lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...