Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 5 No 3 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU KELAS ATAS PADA PENERAPAN MODEL PAKEM MELALUI PENDAMPINGAN DI SDN 11 TELAGA BIRU

Poppy Abdul (Kepala Sekolah SDN 11 TELAGA BIRU)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru kelas atas dalam penerapan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah. Hasil penelitian pada siklus I menujukkan bahwa kompetensi guru dalam menerapkan model PAKEM pada mata pelajaran IPA sebesar 0% untuk kategori sangat baik, 0% untuk kategori baik, 75% untuk kategori cukup baik, 42,85% untuk kategori kurang baik, dan 14,28% untuk kategori tidak baik. Setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan kompetensi guru mata pelajaran IPA, yakni sebanyak 80% untuk kategori sangat baik, 75% untuk kategori baik serta 0% untuk kategori lainnya. Kata kunci: PAKEM, pendampingan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...