Jurnal Pemerintahan dan Politik
Vol 4, No 2

Analisis Kinerja Aparatur Kecamatan dalam pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang)

Hikmah Dinda Muizah (Universitas Indo Global Mandiri)
Isabella Isabella (Universitas Indo Global Mandiri)
Novia Kencana (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
23 May 2019

Abstract

AbstractThis research is entitled "Analysis of the Performance of District Apparatus in Public Services (Case Study in Seberang Ulu II Sub-District Office, Palembang City)". This study aims to find out how the performance and implementation of public services carried out by the Seberang Ulu II District Apparatus in Palembang City. This type of research is qualitative descriptive. Data collection method by interview, documentation and observation. The theory used is to measure the performance of the bureaucracy by Dwiyanto, which consists of three dimensions, namely Productivity, Responsiveness and Accountability. The results of the research on the performance of the district apparatus in public services at the Seberang Ulu II Sub-district Office in Palembang City are not good enough, all of them have received a poor assessment by the community based on three assessment indicators that have been used which show that the performance of the district apparatus in public services in the sub-district office Ulu II Palembang City which has not been quality. The conclusion of this study said that the Performance of the District Apparatus in Public Services in the District carried out by the Camat Office apparatus in the Subdistrict of Seberang Ulu II, Palembang City was still not running optimally or poorly.Keywords : Performance, Public Service, DistrictAbstrakPenelitian ini berjudul “Analisis Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja dan pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukan oleh Aparatur Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teori yang digunakan adalah toeri mengukur kinerja birokrasi oleh Dwiyanto, yang terdiri dari tiga dimensi yaitu, Produktivitas, Responsivitas dan Akuntabilitas. Hasil penelitian Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang belum cukup baik, itu semua telah mendapat penilaian yang belum baik oleh masyarakat berdasarkan tiga indikator penilaian yang telah digunakan yang menunjukkan bahwa Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang yang dilaksanakan belum berkualitas. Kesimpulan dari penelitian ini mengatakan bahwa Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan yang dilaksanakan oleh aparatur Kantor Camat di Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang masih belum berjalan maksimal atau kurang baik.Kata kunci : Kinerja, Pelayanan Publik, Kecamata

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PDP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pemerintahan dan Politik merupakan majalah ilmiah Universitas Indo Global Mandiri yang mencakup hasil penelitian, makalah review, dan komunikasi singkat bidang Pemerintahan dan Politik. Topik-topik yang tercakup dalam jurnal ini adalah semua bidang terkait dengan ilmu Pemerintahan dan Politik ...