Buana Ilmu
Vol 1 No 2 (2017): Buana Ilmu

PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION

Nandang Kusnandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2017

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbandingan penggunaan model pembelajaran think talk write dan model direct instruction terhadap pencapaian kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran think talk write dan kelas eksperimen II yang menggunakan model direct instruction maka dilakukan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III (tiga) SD di Kabupaten Sumedang yang berjumlah 52 orang siswa yang terbagi dalam 2 kelas masing-masing berjumlah 26 orang siswa. Perlakuan (treatment) dilakukan sebanyak enam pertemuan pada setiap kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk uraian baik untuk kemampuan pemahaman maupun kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil perhitungan persentase skor rata-rata pretest dan posttest kemampuan pemahaman matematis pada kelas think talk write didapat peningkatan sebesar 18,34% dan kelas direct instruction sebesar 21,3%. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis pada kelas think talk write didapat peningkatan sebesar 19,23% dan kelas direct instruction sebesar 17,58%. Hasil perhitungan statistik parametrik dengan uji perbedaan dua rata-rata independen (uji-t) menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran think talk write dan kelas eksperimen II yang menggunakan model direct instruction. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelas eksperimen memiliki efektivitas yang sama baik pada kemampuan pemahaman matematis maupun kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: pemahaman matematis, komunikasi matematis, model pembelajaran think talk write, dan model direct instruction.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

BuanaIlmu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Buana Ilmu menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang semua bidang ilmu secara umum. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. ...