Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar sumber daya alam dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V SD Negeri 060924 Medan Amplas melalui penerapan metode team games tournament (TGT). Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang didalamnya terdapat empat tahapan utama, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Penggunaan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) Dari pelaksanaan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 5,47 dan siswa yang tuntas adalah sebanyak 10 siswa atau 33,33%; dan 3) Hasil pelaksanaan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 7,25 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 76,67%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Team Games Tournament.
Copyrights © 2019