MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial
Vol 2, No 2 (2018)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Team Games Tournament (TGT) pada Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Kelas V SD Negeri 060924 Medan Amplas

Rabiatul Adewiyah (SD Negeri 060924 Medan Amplas)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar sumber daya alam dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V SD Negeri 060924 Medan Amplas melalui penerapan metode team games tournament (TGT). Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang didalamnya terdapat empat tahapan utama, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Penggunaan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) Dari pelaksanaan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 5,47 dan siswa yang tuntas adalah sebanyak 10 siswa atau 33,33%; dan 3) Hasil pelaksanaan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 7,25 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 76,67%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Team Games Tournament.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mkd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel dengan tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan, sejarah, dan ilmu-ilmu sosial baik lingkup lokal dan nasional, akademik, maupun lingkup umum. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. ...